Jumat, 29 Maret 2013

JENIS DAN KEGUNAAN PROGRAM APLIKASI


1.      Jenis dan Kegunaan Program Aplikasi
Setiap program aplikasi mempunyai spesifikasi penggunaan khusus. Bila kita ingin mengerjakan tugas-tugas akan lebih tepat bila kita sudah tahu apa kegunaan dari bermacam program aplikasi.

a.        Program pengolah kata atau Word Processing
Program ini untuk menyelesaikan tulis-menulis, membuat, dan menyunting naskah. Contoh dari program aplikasi pengolah kata antara lain Word Star, Ci-Writer, dan Microsoft Word.


Gambar 3.4 Tampilan Microsoft Word

Kelebihan yang dimiliki software ini antara lain adalah sebagai berikut ini.
1)        Penyuntingan dan koreksi naskah bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.
2)        Menyediakan berbagai jenis huruf untuk menghasilkan cetakan yang baik.
3)        Dapat memeriksa ejaan yang salah.
4)        Menyediakan berbagai gaya penulisan.

b.        Berbagai Program Spreadsheet
Program spreadsheet yaitu program yang digunakan untuk pengolahan angka melalui tabel berlajur. Dengan program ini perhitungan angka-angka menjadi mudah dilakukan. Contoh dari program spreadsheet antara lain Microsoft Excel, Supercal, dan Lotus Realease 123.
Kelebihan program spreadsheet diantaranya adalah sebagai berikut ini.
1.         Pembuatan tabel lebih mudah.
2.         Dapat mengerjakan berbagai operasi matematika.
3.         Pengaturan lebar kolom tabel mudah dan fleksibel.
4.         Dapat membuat tabel yang sangat lebar.

c.         Program pengatur tata letak cetakan atau dekstop publishing
Program Desktop Publishing digunakan untuk mengatur tata letak desain naskah yang akan diterbitkan. Contoh dari program aplikasi ini adalah program Page Maker.

d.        Pengolah data atau Data base management
Program ini berfungsi untuk mengolah data. Misalnya data mahasiswa, data karyawan, data buku, dan lain sebagainya. Contoh dari program pengolahan data yaitu Dbase.

e.         Program terpadu
Program ini berupa program gabungan dari beberapa jenis program, sehingga beberapa program dapat dipakai secara terpadu. Contoh program terpadu adalah Microsoft Work.

f.       Program pengolah grafik dan gambar
Program ini digunakan untuk mengolah gambar atau desain grafis. Mouse menjadi alas utama untuk mengerjakan berbagai fungsi yang terdapat dalam program tersebut. Contohnya adalah Corel Draw, Photoshop, dan Freehand MX.

g.        Program presentasi
Program ini digunakan untuk membuat presentasi elektronik, yang dapat berupa tulisan ataupun gambar dengan tampilan desain yang bervariasi dan menarik. Contohnya yaitu program Microsoft Power Point.

h.        Program akuntansi
Program ini digunakan untuk aplikasi yang berhubungan dengan data akuntansi, data keuangan, dan transaksi. Contoh program akuntansi yaitu DEA.

i.          Program statistik
Program ini digunakan untuk aplikasi yang berhubungan dengan data statistik dapat diolah untuk keperluan penelitian. Contohnya SPSS.

j.          Multimedia
Program ini digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi media. Misalnya untuk mendengarkan suara, melihat video, dan membuat gambar bergerak atau animasi. Contoh aplikasinya antara lain Jet Audio, Windows Media Player, Power DVD, dan Macromedia Flash.


Gambar 3.6 Tampilan Windows Media Player 12

k.      Antivirus
Program ini dipakai untuk mencegah atau memusnahkan virus komputer. Contoh Kaspersky anti virus, Mc Affe, Norton anti virus, dan AVG.


Gambar 3.7 Tampilan Program Anti Virus avast!

2.      Lambang Program Aplikasi
Program aplikasi yang terdapat pada komputer mempunyai ciri khusus berupa lambang. Masing-masing program aplikasi mempunyai ciri khas seperti warna, huruf dan masih banyak lagi. Marilah kita pelajari bersama lambang dari beberapa program aplikasi.
Tabel 3.1
Lambang Beberapa Program Aplikasi
No
Lambang
Nama Program
1.

Microsoft Word
2.

Microsoft Excel
3.

Photoshop
4.

Freehand MX
5.

Macromedia Flash
6.

Internet Explorer
Beberapa lambang di atas hanya beberapa contoh saja dan masih banyak lagi program aplikasi lainnya. Setup program aplikasi digunakan sangat khusus untuk satu tujuan tertentu. Program aplikasi dapat dijalankan bila sistem operasi telah diinstal pada perangkat keras komputer terlebih dahulu atau dengan kata lain program aplikasi tidak mampu berjalan tanpa adanya sistem operasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar